Spesifikasi Lengkap Toyota Agya

Gaia Semarang
Toyota Agya saat ini merupakan mobil Toyota satu-satunya di kelas LCGC, namun dalam waktu dekat generasi baru mobil LCGC Toyota akan segera lahir yaitu Toyota Calya. Berbeda dengan Agya untuk Calya masuk dalam kelas mobil MPV 7-Seater (penumpang). Dengan lahirnya Toyota Calya artinya mobil LCGC dari Toyota akan semakin beragam dan customer setia Toyota akan semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan.

Toyota Agya hadir pada bulan September 2013. Sejak pertama di rilis hingga hari ini sudah mengalami penyegaran sebanyak dua kali. Perubahan ini memang tidak terlalu signifikan hanya penambahan warna dan beberapa fitur eksterior seperti Rear Weaper, penambahan speaker dan Pada tahun 2015 penyegaran pada Toyota Agya meliputi Body Reinforcement atau memperkuat struktur bodi, New Air Fresh Lever dan fitur keselamatan ISOFIX.

Dari sisi spesifikasi sejak awal dirilis hingga saat ini tidak terjadi perubahan, spesifikasi masih tetap sama yaitu dengan mengusung mesin berkapasitas 1.000 cc dengan pilihan transmisi otomatis 4 percepatan. Toyota Agya menggunakan mesin dengan tipe 3 silinder segaris 12 katup DOHC. 

Agya masuk dalam kelas mobil Hatchback, dikelas ini Agya memiliki 'kakak kandung' yaitu Toyota Etios sebagai line up tengah dan Toyota Yaris sebagai tipe tertinggi. Toyota Agya terdiri dari 3 pilihan yiatu Agya E, Agya G dan tipe tertinggi Agya TRD Sportivo. Dari sisi ukuran dimensi Toyota Agya mendekati ukuran dari Toyota Etios Valco dengan ukuran dimensi lengkapnya sebagai berikut :
DIMENSI (mm) AGYA E AGYA G AGYA TRD
Panjang 3.600 3.600 3.600
Lebar 1.600 1.620 1.620
Tinggi 1.520 1.520 1.520
Jarak Sumbu 2.450 2.450 2.450
Jarak Pijak Depan 1.430 1.410 1.410
Jarak Pijak Belakang 1.425 1.405 1.405

Sistem kemudi Agya sudah menggunakan tipe rock and pinion dengan fitur electrik power steering sehingga lebih mudah dalam mengendalikan kendaraan. Dalam mendukung kenyamanan selama berkendara Agya dilengkapi dengan suspensi depan menggunakan tipe MacPherson Struts dengan pegas koil dan suspensi belakang menggunakan semi independent torsion axle beam dengan pegas koil.

Pengereman mobil Toyota Agya memiliki dua tipe yaitu untuk yang Agya mesin manual pada ban depan menggunakan sistem Desc sedangkan untuk tipe mesin otomatis menggunakan tipe ventilated disc. Pengereman untuk ban belakang semua tipe sama yaitu menggunakan tipe Drum Loading trailing. Dari jenis ban yang digunakan untuk Agya E menggunakan ban dan pelek tipe Steel Wheel dan Wheel Cap ukuran 155/80 R13 dan untuk Agya G dan TRD Sportivo menggunakan tipe Alloy Wheel ukuran 175/65 R14.

Untuk harga Toyota Agya terbaru atau update untuk wilayah Semarang serta seluruh wilayah jaringan Nasmoco Grup Jawa Tengah dan Yogyakarta dapat dilihat di menu Daftar Harga. Perbedaan harga dari ke-3 tipe Agya ini adalah Agya E adalah paling murah kemudian di susul dengan Agya G. Paling mahal adalah Agya tipe TRD Sportivo karena di lengkapi dengan aksesoris TRD Sportivo.

Silakan lihat video di bawah ini untuk mengetahui lebih detail mengenai spesifikasi dari Toyota Agya khusus untuk tipe G, dengan melihat tipe G akan lebih mudah memahami Agya tipe E atau tipe TRD Sportivo. Dalam video ini juga diperlihatkan bagian interior, eksterior dan juga mesin.

All New Calya