Kupas Tuntas Toyota Avanza

Gaia Semarang
Jika di pasar dunia ada Toyota Corolla untuk pangsa pasar Indonesia ada Toyota Avanza dengan predikat mobil terlaris. 5 tahun belakangan ini Toyota Avanza merajai penjualan mobil di Indonesia dan prediksi penjualan mobil ini tetap tinggi dalam beberapa tahun ke depan. 

Predikat lain untuk mobil ini adalah mobil 'Sejuta Umat', yang artinya sudah terjual lebih dari 1 juta unit. Kenapa mobil ini bisa laris manis, berbagai analisa dari pakar otomotif mengatakan karena harga jual mobil bekas ini tetap tinggi. Artinya ada 2 keuntungan yang di dapat jika membeli mobil ini, untung dalam pemakaian dan harga jual. 

Selain faktor harga jual tinggi mobil MPV termasuk jenis mobil laris di Indonesia. Hal ini di sebabkan karena karakteristik masyarakat Indonesia yang memiliki banyak kerabat. Dengan mobil MPV artinya semua anggota keluarga dapat tertampung saat ingin bepergian. 

Ada dua jenis pengguna Toyota Avanza yaitu perorangan dan perusahaan. Perusahaan menjadi salah satu konsumen penyumbang tertinggi dalam penjualan. Perusahaan dalam skala besar maupun usaha kecil seperti rental mobil. Karena permintaan yang tinggi untuk perusahaan, Toyota merilis seri terbaru Avanza yang di beri nama Avanza Transmover

Avanza Transmover memiliki basic yaitu Avanza tipe E. Mobil ini dijual dalam bentuk Off The Road. Mobil ini memang diperuntukan bagi kendaraan taksi sama seperti Toyota Limo. Meski demikian Toyota Indonesia sendiri tidak yakin mobil ini akan di jadikan taksi. Pilihan itu kembali di serahkan kepada konsumen. 

Saat ini Toyota Avanza yang masih di jual resmi di seluruh diler Toyota di Indonesia ada 8 tipe yaitu Grand New Avanza 1.3 E  Non ABS M/T, Grand New Avanza 1.3 E  Non ABS A/T, Grand New Avanza 1.3 E  M/T, Grand New Avanza 1.3 E  A/T, Grand New Avanza 1.3 G Basic, Grand New Avanza 1.3 G M/T, Grand New Avanza 1.3 G A/T, Grand New Avanza 1.5 G M/T.

Anda mungkin akan bertanya kenapa Toyota Veloz tidak masuk dalam kategori Avanza. Toyota Indonesia memang memisahkan kendaraan ini dari Avanza meskipun memiliki platfrom yang sama dengan Avanza. Toyota Veloz dari segi segment pemakai sangat berbeda dengan Avanza karena itu mobil ini sengaja di pisahkan dengan Avanza. 

Segmen pembeli Veloz pada umunya adalah konsumen yang ingin memiliki mobil berjenis MPV namun dengan sentuhan kenyamanan dan kemewahan karena itu hadirlah Veloz. Jadi dari sisi spesifikasi Veloz lebih unggul dari Avanza dengan berbagai fitur tambahan.

Seperti daerah lainnya di Indonesia. Toyota Avanza di kota Semarang menjadi penopang penjualan diler. Avanza menjadi mobil terlaris di seluruh wilayah penjualan Nasmoco yang meliputi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Menyusul berikutnya adalah Agya dan Calya.

All New Calya